Terra

Berita Terkini

Weekend ke Baduy Berasa Terpental Ke Masa Lalu 

By taranaki on Saturday, 25 February 2017

2966 Views

Taranaki.id – Apa yang membuat Baduy itu istimewa? Buat kita yang terbiasa hidup di kota, cara hidup orang Baduy yang masih serba tradisional jelas kelihatan unik. Beda banget sama kehidupan kita. Bayangkan, di zaman modern seperti sekarang orang Baduy punya aturan ketat soal adat istiadat, hingga membatasi diri dari modernitas? 

Di perkampungan Baduy, tempat tinggalnya dibagi menjadi dua: Baduy Luar dan Baduy Dalam. Perbedaan tempat tinggal ini sedikit banyak juga mempengaruhi cara hidup mereka. Orang Baduy Luar meski masih memegang teguh adat istiadat, tapi sudah sedikit membuka diri pada perubahan. Paling tidak, mereka sudah boleh memiliki dan menggunakan peralatan elektronik, seperti televisi dan alat komunikasi. Tapi, orang Baduy Dalam sama sekali tidak mau menyentuh segala sesuatu yang berbau modern. Makanya, suasana perkampungan Baduy Dalam juga masih benar-benar hening dan serba alami. 

Semakin penasaran dengan orang-orang Baduy? Weekend besok coba main ke sana, deh!

Kalau dari Jakarta bisa naik kereta. Kalau naik kereta yang berangkat dari Stasiun Muara Angke, turun di Stasiun Rangkas Bitung, Banten. Harga tiketnya cuma Rp. 4.000,- sekali jalan, kok. Setiap harinya, ada sembilan kali jadwal keberangkatan ke sana. Kereta paling awal berangkat kira-kira pukul delapan pagi.

Kalau sudah sampai di Rangkas Bitung, lanjutkan naik angkutan umum berupa minibus. Nanti turun di terminal Ciboleger, kampung terluar yang jadi pintu masuk Baduy Luar. Dari Rangkas Bitung jaraknya sekitar 40 km.

Tapi, jangan dikira bisa langsung jalan-jalan memutari kampung, lho. Di sini kita harus minta izin ke kepala adat untuk urusan Baduy Luar. Melaporkan berapa orang yang akan masuk dan berapa lama akan berada di situ. 

Kalau dari awal tidak memakai jasa pemandu dan berniat masuk ke Baduy Dalam, ini saatnya mencari tempat menginap serta menyiapkan bekal makanan. Tapi yang lebih penting, sih, mencari informasi tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di area Baduy Dalam.

Yap, kalau di Baduy Luar pantangannya tidak terlalu ketat. Meski kita tidak boleh mandi menggunakan sabun kimia dan teman-temannya, tapi kita masih bisa menggunakan alat elektronik dan masih bisa mengambil foto di kawasan Baduy Luar. Nah, kalau sudah masuk Baduy Dalam, semua itu tidak boleh dilakukan. Khusus perempuan, kalau sedang haid juga tidak diizinkan masuk ke dalam. 

Baca juga : Ngeborong Oleh-oleh Unik dari Kampung Orang-orang Unik di Kanekes

Oh iya, kalau mau ke Baduy Dalam, jarak tempuh jalan kakinya lebih jauh lho. Biar lebih cepat, bisa coba lewat jalur Cijahe. Dari Cijahe baru ke Cikeusik, kampung di area Baduy Dalam. Waktu tempuhnya tidak lebih dari satu jam.

Sekadar tambahan info juga supaya urusan perizinan mulus, jangan lupa menyiapkan oleh-oleh buat kepala adatnya, ya. Beli saja di Coboleger, hehehe…. (SRI SADONO)
 

Berita Terkini

Spot-spot Selfie Wajib di Museum Angkut Batu

By taranaki on Tuesday, 14 February 2017

IG TARANAKI
FACEBOOK TARANAKI
NEWS TERBARU
Mau Snorkeling Aman? Baca Ini!

By taranaki on Thursday, 29 June 2017

Yuks, Melihat Ada Apa di Keraton Surakarta!

By taranaki on Monday, 19 June 2017

Mencegah Jet Lag? Ini  yang Bisa Dilakukan!

By taranaki on Sunday, 18 June 2017

Pink Beach, Benarkah Seindah Kata Orang?

By taranaki on Friday, 16 June 2017

NEWS TERPOPULER
10 Ciri Traveler Norak Sejagad

By taranaki on Friday, 10 March 2017

10 Tipe Traveler yang di Perjalanan 

By taranaki on Sunday, 12 March 2017

Sunrise di Penanjakan : Enak Dilihat, Keren Difoto

By taranaki on Sunday, 26 February 2017

Pilih Sepatu Hiking yang Oke, Biar Hiking Lebih Asoy

By taranaki on Thursday, 16 February 2017

ONE OF THE MOST COOLEST BACKPACK DESIGN ON THE MARKET TODAY!

Copyright © 2017 TARANAKI The Outdoor Lifestyle

ABOUT US | TERMS AND CONDITION | CONTACT US